SUPERVISI GURU SMAN 3 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Penutupan Kegiatan P5 Tahap I
Oktober 15, 2022
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMAN 3 Subang tahun 2022
Oktober 31, 2022

SUPERVISI GURU SMAN 3 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Alhamdulilah atas ijin alllah, SMAN 3 Subang sedang melaksanakan Supervisi Akademik Tahun pelajaran 2022-2023, yang dimulai pada tanggal 17 Oktober Samoai 18 N ovember 2022,

Adapun tujuan dari Supervisi Akademik itu sendiri menurut KEMENDIKNAS (2007), merumuskan tiga tujuan supervisi akademik. Supervisi akademik perlu di laksanakan untuk:

  1. Membantu guru meningkatkan kemampuan profesionalnya, yang mencakup pengetahuan akademik, pengelolaan kelas, keterampilan proses pembelajaran, dan dapat menggunakan semua kemampuannya ini untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas bagi peserta didik.
  2. Memeriksa atau memastikan proses pembelajaran di sekolah berjalan sesuai ketentuan dan tujuan yang di tetapkan. Kegiatan pengawasan ini dapat di lakukan melalui kunjungan ke kelas-kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawatnya, maupun dengan peserta didik.
  3. Mendorong guru meningkatkan kompetensinya, melaksanakan tugas mengajarnya dengan lebih baik dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilannya, dan memiliki perhatian yang sungguh-sungguh (commitment) terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru.

Hasil supervisi berdasarkan instrumen yang disepakati tingkat sekolah, akan dianalisa dan dihitung pencapaian secara umum dan per aspek, dan ditulis saran pembinaan berdasarkan pencapaian yang dirasa masih kurang oleh kepala sekolah. Hasil supervisi akademis akan dilihat hasilnya sehingga diperoleh gambaran kinerja guru baik persiapan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran.

Hasil analisis pelaksanaan rencana pembelajara perlu ditindaklanjuti, setelah mendiskusikan umpan balik hasil pembelelajaran dan persiapan yang dirasakan masih belum mencapai hasil maksimal.

  1. Hasil dari pelaksanaan Supervis pertama ditindak lanjuti dalam pembinaan guru dengan cara  dialog
  2. Hasil pembinaan diteruskan dengan pelaksanaan supervisi klinis apabila hasil sepervisi kunjungan kelas dan dialog tidak ada perkembangan maka  dianjurkan untuk mengikuti :
    1. KKG/MGMP sekolah
    2. Pelatihan atau KKG/MGMP di tingkat Kabupaten
    3. Pelatihan di sekolah/In House Training (IHT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 + nine =